Tuesday, November 5, 2013

Profil Munsyid: Gama "Inspirasinger" Fatul

BY Unknown IN , No comments



Gama Fatul.. Munsyid asal Bandung yang namanya mulai dikenal sejak single Untai Doa dirilis Maret 2012 lalu.. Saat itu tak banyak yang tahu kalau beliau ini salah satu personil Soultan.. Gama Fatul bergabung bersama Soultan sejak tahun 2010 yang berawal karena mereka melihat Munsyid Idol, akhirnya diajak gabung. Saat bergabung dengan Soultan waktu itu Gama masih menjadi vokalis sebuah band di Bandung.. Beliau sudah ngeband sejak SMP, namun rehat setelah SMA.. Dan selepas kuliah mulai ngeband lagi, sambil di soultan juga.. Siang bersama Soultan dan malam bersama band nampil di kafe/ke daerah.. Lama-lama ini membuatnya bingung. Galau kalau kata anak muda jaman sekarang.. Tapi akhirnya beliau lebih memilih keluar dari band dan konsen ke soultan..

"Saya lebih memilih nasyid.. nasyid lebih membuat adem di hati, tenteram dan senang bawaannya", ungkap beliau.

Single solo pertamanya, Untai Doa.. Untai Doa ini lagu yang dipersembahkan untuk sang Ayah tercinta yang telah tiada 2010 lalu.. Untai Doa dibuat pada tahun 2010 dan direkam tahun 2011, kemudian baru dirilis Maret 2012.. cukup panjang memang prosesnya.. lagu ini menceritakan akan kerinduan seorang anak yang telah lama ditinggal ayah.. rindu ingin bertemu.. Tapi hanya doa yang bisa dipanjatkan.. mungkin memang agak galau, tapi bukan kegalauan yang ingin disampaikan.. lebih ke pesan moral agar slalu kuat dan mendoakan ayah.. lagu ini diproduksi secara mandiri dengan bantuan rekan-rekannya, kg Fachmi, Yd Nafis, Zey, dll.. menjadi penyanyi, pembuat lagu, konseptor music, produser juga marketer, cukup membuatnya belajar betapa tak mudah melahirkan sebuah karya.. tak banyak yang tahu kalau lagu Untai Doa ini bukanlah karya Gama yang pertama direcord,, melainkan lagu 'Misteri Hidup' yang dinyanyikan bersama Soultan..

November 2012 Gama Fatul merilis single solo keduanya, Gemilang Itu Ada .. proses lagu ini berbeda 360° dengan lagu Untai Doa...Gemilang Itu Ada dari mulai dibuat, direcord dan dirilis, semua di tahun yang sama, 2012.. lagu ini merupakan skuel dari Untai Doa , dimana setelah keterpurukan kita harus bangun, karena gemilang itu ada, setiap kesulitan pasti ada kemudahan.. kurang lebih dalam waktu 2 minggu Gemilang Itu Ada masuk chart di salah satu radio muslim & di minggunya yang keempat sudah menduduki posisi jawara.. dan dalam waktu beberapa bulan sudah berhasil merajai chart2 nasyid di radio2 muslim.. daan admin pernah dengar di, lagu ini juga diputar di salah satu radio yang bukan radio muslim.. single ini juga dibuat video klipnya, yang ingin melihatnya bisa langsung ke youtube hhehe.. naaah.. kalau uang penasaran dengan cerita dibalik pembuatan video klipnya, temukan di postingan kami sebelumnya hhehe :D

Awal Juni lalu Gama merilis single ketiganya, 'bahan lama' tapi 'wajah baru'.. sudah tahu kan yaa.. :D yap.. "MISTERI HIDUP+".. Karena ada (+) nya, yang pasti ini beda dengan yang pernah dibawakan bersama Soultan.. (sudah dengar kan sahabat ???) Dengan kemasan "Live Simple Accoustic" yang menonjolkan genre Pop-Soul-Rapp.. Di lagu ini, Gama menggandeng seorang Rapper Bandung, Attena.. Pesan lagu ini cukup sederhana, yaitu tentang menjalani hidup dengan berdoa dan berusaha sehingga bisa kuat menyelesaikan masalah yang mendera serta memecahkan misteri hidup..

Karya-karya Gama yang lainnya, yaitu Sesal Saja Tiada Guna dan Misteri Hidup (bersama Souktan), Merah Putih (bersama Munsheed United), Kawan Sejati (Album Your Will bersama Ryan Setya), Freedom For Gaza (bersama Munsyid Jabar), Asmaul Husna (Album Keajaiban Cinta Rasul bersama Various Artist) dan ada beberapa lagu lagi (admin lupa hhehe)..

Ingin silaturahim dengan Gama Fatul??
Follow @inspira_singer
Facebook Gama Fatul

0 comments: