Friday, July 29, 2016

Single Terbaru Sugiri Jafar feat Sandra Kemal - Selamat Tinggal Kawanku

BY Unknown IN , , No comments



Akhir bulan Juli 2016 Sugiri Jafar (SJR) merilis St 3 bertajuk “Selamat Tinggal Kawanku”  bertepatan dengan bulan kelahiran Aden Edcoustic  (alm),  semoga lagu ini layak menjadi ungkapan kerinduan kepada sosoknya yang telah berjasa memajukan belantika musik positif di tanah air. Lagu ini merupakan bagian dari album Karya Sang Pemimpi oleh Rubby Sulaeman, hobi bermusik ketika SMP, sebagai Edfriends (sebutan untuk penggemar  Edcoustic) ketika masih kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, seorang pengusaha fashion dengan brand : Haruza Fashion.  Album ini rencananya terdiri dari 12 lagu yang akan dibawakan oleh para musisi nasyid indonesia, lagu-lagu yang sudah rilis diantaranya : Wanita Sholeha oleh Dariuz haruza, solois nasyid dari Garut jawa barat yang Video Klipnya sudah ada di youtobe , Ku Khitbah Kau Hari ini oleh Fatria Nata, salah seorang personil grup Nasyid Kholifah dari Bandung  dengan st 1 Tafakur ,  Kuasa Illahi oleh Abid Ibnu Syahrizal, personil grup nasyid Keepas dari Batubara Medan dan sebagai tim kerja Islamic Tunes,  Mahluk Teruji oleh Debbi Rizky personbil dari grup Nasyid Ziyad dari Bandung dengan st 2 Biarkan Hujan berhasil mendapatkan penghargaan dari Bandung Nasyid Award (BNA) 2016 dalam katagori best  grup or duo.

SJR dalam lagu “Selamat Tinggal Kawanku” ini berkolaborasi dengan Sandra Kemal solois berbakat dari Bandung, masih menempuh pendidikan di  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, satu kampus dengan Anandito Dwi Septian, dan sempat mengantikan posisi untuk perform di kampus UPI ketika Anandito berhalangan hadir. Sandra Kemal pemuda santun dan ramah ini  sehari ahari menjadi guru mengaji anak- anak dan remaja di komplek rumahnya dan lagi sibuk menyusun skripsi, juga berprestasi  di bidang akademik dan musik ini mengakui bernyanyi sudah menjadi bagian dari hidupnya, karena sudah mengikuti les vokal semenjak SD, dan telah mendapatkan penghargaan diantaranya : Achievement Award of One Asia 2012 & 2014, Best Tutorial Award UPI of 2013, Excellent Award of Elfa Music sch 2012, dan prestasi musik lainnya. 


Sekilas tentang lagu Selamat tinggal Kawanku dengan gendre musik beraliran pop rock, gender musik yang  jarang untuk musik positif atau Nasyid,  lirik lagu yang pendek dengan makna yang dalam diharapkan penciptanya oleh Rubby Sulaeman  agar lagu ini mudah dihapal para pendengar lagu ini, dibawakan dengan begitu apik oleh SJR dan Sandra Kemal yang masing masing memiliki karakter vokal yang berbeda, sehingga harmonisasi  dan rasa duet dari lagu  ini begitu terasa.  Arransemen oleh Arif Apriliadi (Andro Musik Studio Bandung) musik karya seorang anak band, sehingga ketika menyimak  lagu ini seperti mendengarkan lagu dari musisi band. Meskipun lirik lagu ini sederhana, citarasa dari lagu ini begitu megah, perbedaan warna vokal SJR dan Sandra Kemal  membuat lagu ini tidak monoton meskipun dengan pengulangan reff  lirik lagu yang sama secara berlebihan, pendengar ditawarkan kejutan-kejutan ketika menengarkan lagu ini, yang membuat lagu ini tersa lebih menyentuh hati diakhir lagu ini ditutup oleh puisi pendek yang  mengajak pendengar merasakan kerinduan kapada sahabat terbaik yang terlah tiada. Sahabat terbaik itu sahabat karena iman dan taqwa  yang ikatan persahabatannya akan abadi  hingga ke Surga-Nya. Karena di akhirat kelak kita akan bersama dengan orang- orang yang kita cintai, termasuk sahabat kita hari ini. Semoga dengan lagu yang sederhana ini semakin mengingatkan kita pada kematian, mengajak bersahabat dengan orang - orang shaleh yang dapat mengajak dan mengingatkan kita pada iman dan taqwa.

(Bandung, 26 Juli 2016 oleh Sugiri Jafar)

0 comments: