Wednesday, September 4, 2013

Kultwit Kang Afwan Riyadi (@af1_) @IZIS_Nasyid tentang #NasyidIndonesia

BY Unknown IN No comments

1. Nasyid mulai muncul era 80-an akhir. Berawal dari para aktivis Islam di kampus2, terutama LIPIA & UI.
2. Nasyid masuk ke Indonesia melalui 2 "jalur", yaitu jalur Melayu Malaysia yang diperkenalkan aktivis Darul Arqam dan jalur Timur Tengah.
3. Nasyid jalur Timur Tengah ini diperkenalkan oleh mahasiswa LIPIA dan para alumnus Timteng yang bersentuhan dengan gerakan Islam di sana.
4. Maka tak heran, nasyid2 yang diperkenalkan jalur Timteng ini lebih bernuansa haroki/pergerakan. Temanya banyak tentang kepedihan dunia Islam.
5. Saat itu penindasan terhadap dunia Islam memang sedang memuncak seiring makin dijajahnya Palestina, meletus Intifadah dan jihad Afghan.
6. Tema Afghan dan Palestina menjadi tema sentral nasyid2 yang berkembang saat itu, juga tema ujian dakwah seperti yang terjadi di Mesir dan Suriah.
7. Mesir dan Suriah saat itu banyak sekali penangkapan dan pengusiran terhadap aktivis dakwah, menjadi tema dalam nasyid yang beredar.
8. Jadi akar #NasyidIndonesia berawal dari 2 jalur ini, jalur sufi ala Darul Arqam/Melayu dan jalur haroki ala pergerakan dakwah Timteng.
9. Saat itu, sampai awal 90-an, nasyid yang disenandungkan hanyalah dari Malaysia dan Timur Tengah saja. Tim nasyid Indonesia belum serius.
10. Sampai tahun 90 muncul album "Jundullah", nasyid2 berbahasa Indonesia pertama yang terbit. Sayangnya nada yang digunakan nada2 nasyid Timteng.
11. Lalu nasyid original, baik dari sisi syair maupun lirik, pertama kali muncul adalah album "The Presentation" milik SNADA. #NasyidIndonesia
12. Uniknya SNADA ini tidak mempresentasikan 2 jalur yang ada, mereka ambil genre lain yaitu musik pop. Jadilah, ada 3 jalur #NasyidIndonesia
13. Dan selanjutnya, sebagian besar (mungkin bisa dibilang 80%) #NasyidIndonesia mengakar pada genre pop yang diperkenalkan SNADA ini.
14. Suara Persaudaraan, Harmony Voice, Gradasi, Justice Voice hingga Fatih, Launun dan Khalifah mewarini sebagian "DNA" pop dari SNADA ini.
15. Ada sebagian gup yang mencoba mengangkat local genius seperi Suara Persaudaraan (Jawa) atau Sauka (Aceh), tapi mayoritas lagu mereka tetap pop.
16. Dan Snada-lah yang berani memasukkan unsur pop ke dalam #NasyidIndonesia, di album nasyid pertama yang diproduksi grup Indonesia.
17. Saya gak ngomongin nasyid haroki ya, takut dibilang narsis (^___^).. #NasyidIndonesia
18. Nah, uniknya #NasyidIndonesia itu adalah dari akarnya dan semangat penggiatnya untuk beradaptasi dengan musik yang ada.
19. Sebelumnya, dimanapun di belahan dunia ini, bicara musik Islam, maka berbicara tentang musik sufi. #NasyidIndonesia
20. Nah, berbeda dengan #NasyidIndonesia, 3 jalur yang ada hanya jalur musik Melayu yang punya irisan dengan musik sufi. Sisanya tidak.
21. Itupun, para munsyidnya (sebutlah Nun Persada, Ar Rayyan, dll) sulit kalau dibilanh mereka orang2 sufi. #NasyidIndonesia
22. Jadi munsyid2 Indonesia yang menggiati nasyid Melayu biasanya berangkat dari selera musik, bukan ideologi yang melatarbelakangi musik tsb.
23. Jadi bisa dibilang, #NasyidIndonesia tak punya akar kuaat dengan musik sufi yanh menjadi dasar musik Islam dunia. Di sini arus sendiri.
24. Itu kalau dipandang dari sisi akar budaya. Ane terus teranh cukup bangga, munsyid2 Indonesia ternyata bisa membuat sesuatu yang baru.
25. Buktinya, kalau dilihat Dai Nada, grup nasyid mahasiswa2 Indonesia di Mesir. Mereka amat diterima masyarakat Arab karena keunikan nasyidnya.
26. Dai Nada mampu memadukan unsur pop acapella ala #NasyidIndonesia dengan syair2 berbahasa Arab. Jadilah musik mereka terdengar sangat unik.
27. Itu sisi positif #NasyidIndonesia
28. Sayangnya, para penggiat #NasyidIndonesia ini belum mampu profesional di bidangnya. Maka wajar ada "keterpurukan" #NasyidIndonesia saat ini.
29. Dan pilihan pada musik pop, menuntut profesionalitas dan kualitas tinggi. Kalau boleh diibaratkan, kawan2 ini mencoba memancing di laut lepas.
30. Karena budaya pop, jarang yang punya basis fans kuat. Penggemar yang dijaring sebagian besar adalah "floating mass" kalo bahasa politiknya.
31. Beda dengan nasyid haroki macam @IZIS_Nasyid, kami punya basis fans yang dibangun berdasar ideologi, bukan semata musik. Lebih mudah menjaringnya.
32. Kembali ke jalur pop maka modal kualitas dan profesionalitas kawan2 bermain dalam jalur ini harus lebih kuat. #NasyidIndonesia
33. Karena memasuki musik pop itu, nanti saingannya bukan cuma sesama munsyid, tapi dengan musisi umum yang ada dengan backup major label-nya.
34. Maka kawan2 harus punya sesuatu lebih, yang bisa menarik perhatian publik. Ilmunya bukan sekedar doa, ada kok rumusannya. #NasyidIndonesia
35. Soal rumusan musik pop ane gak share di sini. Pas offline aja dengan sesama munsyid. #NasyidIndonesia
36. Nah, di awal tadi ane bilang, #NasyidIndonesiajuga unik karena adaptasinya kuat dengan berbagai musik lain.
37. Penggiat #NasyidIndonesia gemar sekali eksperimen, memadukan dengan rap, hip hop, jazz, dangdut, klasik, berani dan lumayan keren hasilnya.
38. Gak jarang juga, para aktivis Islam mencibir eksperimen2 kawan2 #Nasyid Indonesia ini. Dianggapnya sudah lari dari asholah nasyid. (^__^)
39. Ane sih tidak memihak mana2 (^__^).. Kalau kritikan itu sampai ke ane, paling cuma bisa senyum aja. Ane ngerti pandangan kedua belah pihak.
40. Makanya @IZIS_Nasyid yang meniatkan diri sbg entitas dakwah, gak berani masuk dalam kontroversi2. Jadi gak banyak bermain2 dengan musik.
41. Cuma sekali waktu baru sadar, konsep musik haroki dengan drum itu juga asli Indonesia lho! Coba lihat musik dimanapun, gak ada macam itu.
42. Cerita sedikit, lahirnya nasyid haroki dengan drum. Jadi dulu (sampai album ke 5 tahun 2000), @IZIS_Nasyid hanya beracapella tanpa musik.
43. Lalu saat booming album Kembali, ada niatan pembuatan video klip (yang kemudian berwujud "Izis Marching Out"). # NasyidIndonesia
44. Ketika dummy dipresentasikan, terasa hambar sekali video2 yang ada dipadu dengan hanya musik mulut acapella. Akhirnya, coba dimasukkan perkusi.
45. Konsekuensinya: "Kalau manggung gimana?" Idealisme kami, gak mau pakai minus one. Jadilah mas @fathur71 main drum setiap manggung.
46. Itu juga perkenalannya pelan2. Biasanya kami acapella dulu 2-3 lagu, lalu lagu2 berikutnya dgn drum. #NasyidIndonesia
47. Mengapa drum yang dipilih? Pertama, itu perkusi yang playernya cukup 1 orang. Kalau macam marawis kan harus banyak, repot juga sambil nyanyi.
48. Kedua, kebetulan mas @fathur71 pernah jadi drummer di zaman masih senang nge-band masa muda dulu. Jadi ya pas. Ketemu supply & demand (^_^)
49. Gitu aja soal #NasyidIndonesia.. InsyaAllah kapan2 lanjut.. (^__^)

0 comments: